Q&A Student Exchange: Malaysia

by - November 04, 2018

Hello, welcome to my first post on blog!
Banyak temen-temen followers gua di instagram nanya tentang program student exchange summer 2018 yang gua jalani di Malaysia. Pertanyaan-pertanyaannya udah gua rangkum karena kebanyakan nanyanya sama dan di post-an ini gua akan menjawab pertanyaan seputar student exchange yang setelah sekian lama tertunda karena satu dan lain hal, but yeah, finally di publish juga, jadi selamat membaca!

1. Program apa yang lu ikuti?
-Gua ikut program student exchange global volunteer aiesec, nama projeknya Redeem Our Kids Community 0.7
2. Projek yang lu jalani ini tugasnya ngapain ajasi?
-Tugasnya itu gua ngajar pelajaran Bahasa Inggris ke anak-anak usia 3-12 tahun.
3. Berapa lama programnya?
-6 minggu, tapi tergantung projek sih, ada yg kurang atau lebih dari 6 minggu.
4. Negaranya cuma Malaysia doang?
-No, kita bisa milih mau di negara mana. Yang penting di negara itu ada projek yang diadakan oleh aiesec.
5. Projeknya ada apa aja?
-Banyak, bisa cek di https://aiesec.org
6. Fully funded, San?
-No, tiket pesawat, makan, travel insurance, dll itu biaya sendiri. Gua dapet projek yang dia cuma bisa nyediain akomodasi aja, itu pun gua harus bayar RM100 untuk listrik. 
7. Acaranya kapan aja?
-Global Volunteer aiesec adanya pas liburan summer sama winter, perkiraan bulan juni-agustus dan desember-januari.
8. Emang harus lancar Bahasa Inggris ya San? 
-Tidak, malah dengan ikut program ini bisa ngebantu lu yang mau ngelancarin Bahasa Inggris karena mau gak mau selama projek berlangsung harus pakai Bahasa Inggris jadi enak kan tuh belajar sekaligus diaplikasikan langsung.
9. Ada persyaratan minimal nilai TOEFL gak san?
-Tidak, karena udah gua jawab di nomer 8 yang ikut program ini gak harus lancar Bahasa Inggris.
10. Seleksinya ada berapa tahap?
-1x doang, interview. Jadi yang nentuin lu keterima atau nggaknya projek itu dilihat dari hasil interview/wawancara.
11. Interview itu gimana? 
-Interview itu saat dimana kita bakal ditanya-tanya sama orang yang terkait dengan projek yang kita apply. Misal, gua apply projek di Malaysia, yang interview gua orang Malaysianya dan interviewnya itu via video call, bisa skype, whatsapp, atau line. Tapi biasanya sih skype karena skype lebih lancar jadi buat jaga-jaga bikin aja akun skype kalo misal lu belum punya akun skype.
12. Pas interview itu ngapain aja? Ditanya apa?
-Mirip-mirip kayak interview kepanitiaan/organisasi. Ditanya data diri dan apa yang membuat lu spesial buat bisa diterima di projek yang lu apply.
13. Interviewnya pakai bahasa apa? 
-Bahasa Inggris
14. Kalau mau daftar gimana caranya?
-Lu follow dulu aja instagram aiesec kampus lu, kalau di kampus lu gaada aiesec cari aiesec kota lu, sekalian add OA line nya juga biar tau kalo ada informasi pendaftaran global volunteer. Nah kalo udah tau tanggal pendaftarannya lu bisa langsung kontak cp terkait trus tanya-tanya deh ke cpnya. Biasanya nanti lu dimasukin ke grup global volunteer trus harus ikut info session (penjelasan seputar global volunteer) dan nanti dibantu aiesecer nya apa yang harus lu lakuin selanjutnya (tahap-tahapannya).

Yak, kurang lebih begitu, see you in the next post! 

You May Also Like

3 comments